Selasa, 17 Maret 2009

DEWI TARA MENURUT PARA GURU


Bhagavati Tara Devi


Ya tarayatyamituduhkha bhavadbhimagnam
Lokam vilokya vidvartrividhair upayaih
Sa vah surendra naraloka vibhutisaram
Tara disatvabhinatam jagadekatara.


Dialah Tara yang melihat makhluk hidup timbul tenggelam dalam samudra penderitaan yang tiada batas, melalui pengetahuan akan ketiga masa, yang menjadi satu-satunya penuntun jalan di dunia menuju pada tujuan yang diinginkan, agar tercapainya kesempurnaan bagi manusia dan dewa.

Pujian Dewi Tara pada Prasasti Pendirian Candi Kalasan 778 AD


Penolong dari samsara yang penuh belas kasih,Dewi yang terlahir dari air mata Dia yangmemegang bunga padma di tangannya ataskekuatan pranidhana Buddha Amitabha.Penuh kasih, berusaha demi kebajikan makhluk lain,Gadis belia dari hutan Khadira yang murni dan mulia.

Guru Nagarjuna -


Sinar bulan yang menghalau kegelapan samsara,bagaikan mengalahkan cahaya matahari,Kepada Tara yang berhiaskan keagunganupaya dan prajna aku bersujud selama-lamanya.

Guru Candrakirti -


Hormat kepada Dewi Tara yang merupakan BuddhaYang kesempurnaan batinnya bebas dari pandangan salahdan ketidaktahuan, meliputi segala sesuatu yang tampak,Yang dihormati oleh para Buddha sempurna.

Guru Buddhasrijnana -


Kakimu, Oh Arya Tara, pemberi perlindunganbagi yang malang,Yang dipuja oleh para dewaDan berhiaskan dengan lilak merah yangdioleskan secara langsung,Dengan kecemerlangan kesempurnaan permatamenakjubkan di atas kepala mereka,Demikian pula diriku bersujud dengan kepalakudengan menangkupkan kedua tanganku di dada,Menyatakan rasa bakti dengan untaian bungapuji-pujian baru.

Guru Sarvajnanamitra -


Para dewa dan asura dengan mahkotanyaBersujud pada kaki terataimuSang Pembebas dari segala kesulitan,Oh ibu Tara, sujud kepadamu.

Guru Atisha Dipamkarasrijnana -


Terlahir dari bunga utpala serta bijaksara hijau,Bertubuh hijau, berwajah satu, dan bertangan dua,Tubuh serta tangannya dihiasi dengan berbagai permata,Kepadamu Istadevata Tara aku bersujud dan memuji.

Guru Candragomin -